User Image PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-SIMPAN DAN E-PORTAL PERIZINAN PUPR RI DI KANTOR DINAS PUPR KOTA BANJARMASIN 26 Sep 2024 11:30:09

1.    Latar Belakang

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Kegiatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Dinas PUPR kota Banjarmasin mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi simpan dan portal perizinan PUPR, serta proses reset akun simpan/ SIKI yang bermasalah. Aplikasi SIMPAN merupakan aplikasi yang memuat data/ dokumen dan informasi pengalaman penyedia jasa khususnya badan usaha dan tenaga ahli di bidang Jasa Konstruksi.

Sebelum mengikuti prosesi uji kompetensi jabatan kerja pada jenjang tertentu, tenaga kerja konstruksi harus terlebih dahulu memiliki akun simpan, yang mana pada aplikasi simpan ini, tenaga kerja konstruksi diminta untuk menginput data pengalaman kerja dibidang konstruksi diserta data dukung berupa data pribadi seperti ktp, npwp, ijazah, foto. Selain itu tenaga kerja konstruksi juga diharuskan menginput data pengalaman kerja dibidang konstruksi sesuai dengan jabatan kerja yag diinginkan disertai bukti dukung berupa referensi kerja.

Disamping penggunaan aplikasi simpan, pada proses perizinan pembuatan sertifikat kompetensi kerja, tenaga kerja konstruksi juga harus membuat akun portal perizinan pupR. Pada penggunaannya data pengalaman pada aplikasi simpan dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi portal perizinan pupR dengan cara memasukan id pengalaman yang terdapat pada aplikasi simpan ke dalam aplikasi portal perizinan pupR.

Selanjutnya data pribadi, data jabatan kerja, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Asosiasi dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) wajib diisi pada aplikasi portal perizinan pupR, hingga data selesai terinput semua dan menerbitkan nomor ID perizinan. Setelah nomor ID perizinan keluar, berarti proses permohonan uji kompetensi tenaga kerja konstruksi sudah berjalan dengan benar.

Pada proses pengajuan permohonan uji kompetensi untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) melalui aplikasi SIMPAN dan portal perizinan pupR ini masih banyak tenaga kerja konstruksi yang belum memahami cara penggunaannya. Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin memandang sangat perlu sekali untuk mengadakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi simpan dan portal perizinan PUPR bagi tenaga kerja konstruksi sebelum kegiatan Sertifikasi Kompetensi Kerja dilaksanakan.

 

2.    Dasar Pelaksanaan

a.     Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi;

b.     Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi

 

3.    Maksud dan Tujuan

Tenaga Kerja Konstruksi dapat memahami cara penggunaan aplikasi SIMPAN dan portal perizinan pupR sebagai bagian dari proses pengajuan permohonan uji kompetensi untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK)

 

 4.    Waktu Pelaksanaan

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi simpan dan portal perizinan PUPR ini dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal    :    Rabu, 22 November 2023

Waktu               :    09.00 - 16.00 WITA

Tempat             :    Ruang Rapat Sungai Barito Dinas PUPR Kota Banjarmasin

 

5.    Biaya Kegiatan

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi simpan dan portal perizinan PUPR ini dibiayai menggunakan dana APBD-P Tahun Anggaran 2023 pada DPPA Bidang Cipta Karya dan Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin Program Pengembangan Jasa Konstruksi Kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi.

 

6.    Peserta Kegiatan

Peserta yang mengikuti Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi simpan dan portal perizinan PUPR ini terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, konsultan dan kontraktor pelaksana, dengan jumlah peserta yang sebanyak 45 orang.